loading...

Pesawat AirAsia Penerbangan QZ8501 Hilang Kontak

loading...
loading...

Pesawat AirAsia Penerbangan QZ8501 Hilang Kontak


Berita tidak menyenangkan kembali datang dari dunia penerbangan. Pagi ini ( Minggu,28/12/2014), pesawat dari maskapai AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 dengan tujuan Surabaya – Singapura dikabarkan kehilangan kontak. Lokasi hilangnya kontak tersebut adalah di sekitar Kepulauan Kalimantan, Tanjung Pandan.
Berdasarkan data penerbangan dari  flightradar, pesawat AirAsia yang hilang adalah airbus  A320 dengan nomor registrasi PK-AXC. Pesawat itu memuat 155 orang penumpang, yang terdiri dari 149 Warga Negara Indonesia, 3 Warga Negara Korea Selatan, 1 Warga Negara Inggris, 1 Warga Negara Malaysia dan 1 Warga  Negara Singapura. Dari 155 penumpang itu, 138 orang adalah penumpang dewasa, 16 anak-anak dan seorang bayi. Pesawat juga diawaki 2 orang pilot dan 4 orang cabin crew.

Menurut laporan BASARNAS, pesawat itu terakhir kali melakukan kontak pada pukul 06.17 WIB. Sebelum hilang kontak, dikabarkan bahwa pilot meminta untuk naik pada ketinggian 38.000 meter.
Pilot pesawat ini adalah Kapten Irianto yang telah memiliki lebih dari 20.000 jam terbang di dunia penerbangan sedangkan di AirAsia sendiri telah memiliki lebih dari 6.100  jam penerbangan. Sedangkan co-pilot, Remi Emanuel Plesel telah memiliki lebih dari 2.100 jam penerbangan.

Sebanyak 7 pesawat dan 5 kapal telah dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap pesawat tersebut.
Pemerintah sendiri melalui wakil Presiden Jusuf Kalla telah melakukan konfrensi pers terkait hilangnya pesawat ini sore tadi. JK menyatakan bahwa sampai saat ini negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia telah menawarkan bantuan untuk melakuakn pencarian. Pemerintah juga menyatakan akan melakukan pencarian secepatnya.

Selain negara tetangga, Korea Selatan yang juga kehilangan 3 warga negaranya juga akan mengirimkan  1 pesawat untuk melakukan pencarian. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara kedutaan besar Korea Selatan.

Sampai ketika saya menulis postingan ini, belum ada info terbaru mengenai keberadaan pesawat AirAsia QZ8501. Banyak pihak yang masih berharap dan terus berdoa semoga pesawat ini bisa ditemukan secepatnya dan semua kru dan penumpang selamat.
loading...