6 Pertahanan catur unik menghadapi 1.d4

loading...
loading...
Lundin Defense

Berbicara mengenai pertahanan catur, maka itu artinya kita berbicara mengenai langkah terbaik yang bisa dilakukan oleh hitam. Maka, pad atulisan kali ini akan membahas beberapa pertahanan yang bisa anda pilih jika anda memegang buah catur hitam.
Dalam bermain catur, pembukaan hanya memiliki sedikit peran untuk memenangkan permainan. Semua itu tergantung bagaimana anda mengubah peluang dan menjadi kemenangan. Dalam bermain catur, pembukaan hanya memiliki sedikit peran untuk memenangkan permainan. Semua itu tergantung bagaimana anda mengubah peluang anda menjadi kemenangan. Berikut ini adalah beberapa peetahanan yang cukup unik menghadapi 1.d4.

  1. Pertahanan Lundin ( 1.d4 Kc6 ), pertahanan ini agak memiliki kemiripan dengan pertahanan Alekhine, hanya saja posisi kuda dan bidaknya terbalik. Bentuknya juga hampir mirip dengan pertahanan Nimzovitch. Langkah 2.d5 bukan pilihan yang tepat yang bisa diambil oleh putih. Bagaimana? Tertarik menganalisisnya?
  2. Pertahanan Polish ( 1.d4 b5 ), satu lagi pertahanan catur yang sangat aneh tetapi memiliki reputasi baik. Pertahanan ini mirip dengan pembukaan Sokolsky/pembukaan orang utan terbalik.
  3. Pertahanan Keres (1.d4 e6 2.c4 Gb4+), pertahanan ini menunjukkan keagresifan gajah yang langsung melakukan skak pada awal peluit permainan dibunyikan. Hitam seolah-olah akan bermain gambit mentri diterima.  Pembukaan ini memaksa putih untuk menyiapkan diri dengan baik karena bisa saja  bertransposisi ke pertahanan Hindia-Nimzo, pertahanan Hindia-Bogo maupun pertahanan Belanda.
  4. Gambit balasan Budapest ( 1.d4 Kf6 2.c4 e5 ),dilihat dari langkah itu, maka dapat disimpulkan bahwa hitam cukup nekat. Jika putih bisa bermain dengan baik, maka ia akan memperoleh keunggulan yang sangat besar pada babak pembukaan.
  5. Pertahanan Chigorin ( 1.d4 d5 2.c4 Kc6 ), merupakan salah satu pembukaan yang juga dikembangkan oleh salah satu pecatur terhebat Rusia. Pertahanan ini akan menghasilkan posisi yang tajam dan kompleks bagi kedua pihak. Pertahanan ini lebih baik jika dibandingkan dengan pertahanan lainnya dalam daftar ini.
  6. The Djin ( 1.d4 Kf4 2.c4 e6 3.Kf3 a6 ), merupakan pertahanan yang dikreasikan oleh Roman Dzindziihasvili. Pertahanan ini mulai dikenal ketika Lev Alburt  memenangkan US Championship 1984. Ide utama pertahan ini adalah memainkan pertahann Benoni tanpa ...b5 lebih awal.

Beberapa pembukaan unik di atas adalah pertahanan catur yang memiliki reputasi baik meskipun jarang digunakan. Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan salah satu pertahanan tersebut di chesscube ataupun chess.com.
loading...