Thursday, January 29, 2015

6 Pertahanan catur unik dan keren untuk hitam tanpa 1.d4 dan 1.e4

pertahanan catur unik
Adorjan Defense

Masih ingat kan postingan saya sebelumnya tentang pembukaan catur aneh tanpa 1.d4 dan 1.e4 yang memiliki posisi yang sangat baik untuk meraih kemenangan? Postingan kali ini akan membahas mengenai beberapa pertahanan unik tanpa 1.d4 dan 1.e4 yang memiliki peluang kemenangan yang besar pula dan tidak termasuk dalam pertahanan-pertahanan yang umum. Pertahanan –pertahanan ini bisa anda gunakan sebagai kejutan pada lawan anda. Adapun pertahanan-pertahanan unik ini adalah:

1.    Pertahanan Adorjan ( 1.c4 g6 2.e4 e5), jika diperhatikan dengan baik, maka posisi pada bangunan ini tidak menguntungkan bagi putih. Langkah 2.e4 membuat petak d4 melemah sehingga bisa diekspoitasi oleh hitam dengan mendorong 2...e5.

2.    Pertahanan Anglo-Slav ( 1.c4 c6 ), pertahanan ini meniru langkah pertama dari pertahanan Slav. Hanya saja tanpa 1.d4. Pertahanan ini bisa dipakai jika anda ingin menghindari jalur utama pembukaan Inggris.

3.    Pertahanan Kurajica 1.c4 e6 ( 2.Kf3 d5 3.g3 c6 ), pembukaan ini juga memiliki nama lain yaitu pertahanan Agincourt. Pertahanan ini bisa bertransposisi menjadi pembukaan Gambit Mentri.

4.    Pertahanan Great Snake (ular raksasa)  (1.c4 g6), mengapa namanya seperti ini ya? Pertahanan ini bisa bertransposisi menjadi pertahanan Moderen ataupun  pertahanan Adorjan.

5.    Gambit Bellon ( 1.c4 e5 2.Kc3 Kf6 3.Kf3 e4 3.Kg5 b5!?),  pertahanan yang sangat menarik dan membingungkan bukan? Mungkin bisa anda coba jika anda bermain di level warkop.

6.    Pertahanan Inggris ( 1.c4 b6 2.d4 e6 ), ternyata ada juga pertahanan Inggris. Bukan hanya pembukaan Inggris. Pertahan ini banyak dikembangkan oleh Grand Master. Pertahanan ini memiliki bangunan yang kuat seperti halnya dalam ikatan Marcozy dan the Hedgehog.

Itulah beberapa pertahanan unik yang bisa anda pertimbangkan jika anda memegang buah hitam. Pada dasarnya, bermain catur di level standar dan bukan turnamen besar, kita bisa menang walaupun tanpa penguasaan pembukaan yang mumpuni.

Pertahanan-pertahanan di atsa juga bisa anda jadikan sebagai pembukaan untuk sekedar bersenang-senang. Anda bisa mencobanya jika bermain game online di situs-situs seperti chess.com maupun chesscube.
Previous Post
Next Post