Wednesday, July 1, 2015

10 alasan mengapa anda harus membuat blog mulai sekarang

alasan untuk membuat blog
image source : fachrulrijal.blogspot.com

Saya pertama kali membangun sebuah blog ketika berada pada semester 4 perkuliahan tepatnya pada awal tahun 2012. Blog yang saya bangun adalah Love & Respect karena memiliki inisial yang sama dengan nama saya.


Pada tahun pertama, saya hanya memiliki satu tulisan di blog, itupun saya copas dari situs lain. Di tahun berikutnya, tulisan saya bertambah menjadi tiga tulisan. Awalnya, saya tidak betul-betul tertarik dengan dunia blogging. Ketertarikan saya mulai muncul pada semester akhir saya menemukan informasi bahwa blogging bisa menghasilkan uang. Yah. UANG. 

Sejak pertengahan 2014, saya betul-betul tertarik untuk membangun sebuah blog. Tujuan saya yang pada awalnya adalah UANG berubah. Saya sadar bahwa blogging bukan sekedar meraup dolar. Ada begitu banyak hal yang bisa kita peroleh dari blogging.
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda harus membangun blog mulai sekarang.

1.    Blogging membantu kita untuk berbagi ilmu dengan orang lain


Salah satu dari bentuk amal jariyah adalah ilmu yang bermanfaat. Pertanyaannya adalah jika anda bukan guru, tentor, atau dosen bagaimana cara anda menyebarkan dan membagikan ilmu anda? Blogging memberikan anda kesempatan besar untuk menyebarluaskan ilmu anda, bukan hanya kepada satu atau seratus orang saja. Tetapi ribuan orang bisa terbantu karena anda. Jadi, ilmu yang anda miliki saat ini tidak akan sia-sia dan sebatas teori saja.

2.    Blogging adalah sebuah tantangan, dan tantangan akan membuat anda menjadi orang yang lebih baik


Apabila ada seseorang yang menyatakan bahwa blogging tidak menantang, maka anda bisa menyimpulkan bahwa orang ini tidak pernah betul-betul blogging. Tantangan dari blogging adalah ketika kita harus mampu membagi waktu untuk menulis dan menghasilkan konten berkualitas yang bisa membantu banyak orang secara konsisten. Ada begitu banyak tantangan yang dihadapi oleh seorang blogger sehingga dengan banyaknya tantangan itu akan membuat anda menjadi orang yang lebih sabar, bermental kuat, dan menjadi pribadi yang berkualitas.

 3.    Blogging membuat kita mempelajari hal-hal baru


Mempelajari hal-hal baru adalah sebuah aktifitas yang menyenangkan. Blogging mengasah kemampuan kita untuk menulis, menyebarkan konten serta bagaimana menghasilkan uang dengan konten yang kita tulis itu. Dengan mempelajari hal-hal baru, tentu saja kita akan selalu memperoleh pengalaman baru yang pada akhirnya membuat hidup kita lebih berwarna.

4.    Blogging membuka peluang untuk bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru


Bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama tentu saja adalah hal yang tidak boleh kita lewatkan dalam kehidupan. Kita akan bertemu dengan orang-orang yang mungkin pernah memiliki pengalaman yang unik dan menarik yang membuat kita bisa memperoleh inspirasi atau ilmu baru dari mereka.

5.    Anda bisa membuat dokumentasi perjalanan hidup anda ke dalam blog


Blog pada dasarnya bukan sebuah buku harian. Tetapi, jika anda ingin menjadikan blog sebagai tempat untuk menyalurkan pendapat, cerita ataupun pengalaman anda, anda bisa menjadikan blog sebagai buku harian anda. Ada begitu banyak blog yang isinya adalah sekedar kegiatan harian penulisnya. Salah satu blog  buku harian yang sangat menarik banyak pengunjung adalah blog miliki Beby Rischka yaitu Diarybebi.

6.    Blogging sangat mudah dilakukan


Menulis di sebuah blog adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Blog bagaikan sebuah kanvas yang hanya perlu dilukis dengan rangkaian-rangkaian tulisan yang menarik dan bermanfaat. Anda bisa memulai blog dengan gratis dan kurang dari lima menit.

7.    Anda akan memiliki kebebasan yang sangat tidak terbatas melalui blogging



Blogging memberikan and kebebasan yang tidak terbatas. Anda bisa tetap melanjutkan hidup tanpa harus dibebani oleh target-target berat dari perusahaan. Anda bisa tetap berlibur di tepi pantai sambil minum es kelapa dan tetap menghasilkan uang jika anda benar-benar serius mengelola blog anda. Anda bebas mengelola blog anda kapan saja anda mau.

8.    Anda bisa merubah hidup anda dengan menjadi seorang blogger


Begitu banyak orang yang pada akhirnya sukses dan mengubah hidup mereka hanya dengan mengelola blog. Sebut saja Eka Lesmana, seorang tukang angon bebek yang bisa menghasilkan seratus juta rupiah perbulan hanya dengan mengelola blog. 

9.    Anda bisa mengurangi level stress anda dengan memiliki hobi mengelola blog


Ketika menulis tulisan ini, saya menjelang satu tahun menyandang status sebagai rakyat jelata sejak lulus dari sebuah perguruan tinggi negree di kota Makassar. Beberapa teman seangkatan saya sudah mulai stress karena belum juga terserap lapangan kerja apalagi mereka tidak memiliki hobi yang menarik. Dengan mengelola blog, anda tetap bisa menjaga level stress anda. Anda bisa tetap mempertajam otak anda meskipun anda tidak sedang berkuliah atau bekerja. Jadi, dari pada menggunakan masa-masa pencarian pekerjaan anda dengan galau lebih baik anda menulis pada blog.

10.    Blogging bisa menghasilkan uang


Anda bisa menghasilkan uang dengan blog, tetapi tidak mudah. Dibutuhkan banyak kesabaran dan kerja keras untuk meghasilkan uang dari blog. Blogger-blogger internasional seperti  Darren Rowse pemiliki Pro blogger ataupun Pat Flyn yang mengelola smart passive income tentu saja melewati banyak tantangan untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Di Indonesia, anda bisa belajar dari Perjuangan Indri Lidiawati sebagai publisher adsense.
Itulah beberapa alasan mengapa anda harus membangun sebuah blok mulai saat ini. Anda bisa berbagi banyak ilmu dan melatih kesabaran dan mental anda melalui blogging. Dengan begitu, uang akan menjadi bonus dari kesabaran, ketekunan dan kedisiplinan anda nantinya. 

Happy Blogging!!!



Previous Post
Next Post