Strategi Pembukaan Catur - Pertahanan Alekhine (1.e4 Kf6)

loading...
loading...
strategi pertahanan alekhine

Pada postingan mengenai 7 pembukaan catur terbaik bagi hitam menghadapi 1.e4, pertahanan Alekhine berada pada posisi ke-7. Pertahanan ini diperkenalkan oleh Aleksander Alekhine ketika melawan A. Steiner pada kejuaraan catur di Budapest tahun 1921. Salah satu hal yang membuat pertahanan ini sangat unik yaitu hitam langsung mengembangkan perwiranya lebih awal. Ide utama dari pertahanan alekhine adalah konsep “hypermodern” yaitu menganggap bahwa menguasai petak pusat dan menduduki petak pusat bukanlah hal yang penting, akan tetapi yang paling penting adalah mengontrol petak pusat itu sendiri. Hitam membiarkan putih memajukan bidak-bidaknya ke petak pusat untuk kemudian menghancurkannya.

Keunggulan

Keunggulan dari pertahanan ini yaitu hampir tidak ada kesempatan untuk terjadinya posisi perwira yang simetris seperti yang terjadi pada pembukaan Giucco Piano, pertahanan dua kuda, pembukaan tiga kuda, pembukaan empat kuda dan lain-lain sebagainya, sehingga pertahanan ini sangat cocok bagi pemain yang berjiwa petarung. Para pecatur hebat seperti Adams, Alburt, Korchnoi dan Fischer telah membuktikan bahwa pertahanan ini sangat dinamis dan seru untuk dimainkan. Selain itu, keunggulan lain dari pertahanan ini adalah meskipun putih menduduki posisi dipetak-petak pusat, disisi lain pemain putih juga berjuang untuk bertahan mempertahankan bidak-bidaknya. Pertahanan Alekhine cocok jika dimainkan pada permainan catur cepat. Lev Alburt adalah salah satu pecatur berlevel tinggi yang menggunakan pertahanan ini secara reguler.

Kelemahan

Kelemahan dari pertanahan ini adalah bebasnya hitam memberikan keleluasaan bagi putih untuk berkembang, sedangkan hitam sendiri harus terseok-seok untuk mengembangkan pasukannya dan hanya memiliki sedikit ruang untuk melakukan pergerakan. Hal inilah yang menyebabkan pertahanan ini telah ditinggalkan oleh para Grand master sebagai pertahanan utamanya. Pertahanan alekhine hanya digunakan sebagai pertahanan untuk memberikan kejutan kepada lawan. Pertahanan ini tidak cocok dimainkan pada permainan catur klasik. Hitam harus berhati-hati untuk mengembangkan kudanya, karena apabila terjadi blunder, hitam bisa saja kehilangan kudanya yang terjebak lebih awal.
Dibawah ini adalah tabel mengenai varian pertahanan Alekhine beserta jumlah partai dan probabilitas kemenangan kedua belah pihak berdasarkan data dari partai-partai catur yang tercatat di chessbase sampai tahun 2011.

Varian
Jumlah partai
Putih menang (%)
Remis (%)
Hitam menang (%)
Varian 2.Kc3 d5
4.474
32
30
38
Serangan 4 bidak
1.992
38
25
37
Varian tukar
4.002
41
29
30
Varian moderen
10.248
41
33
26
Langkah ke-3 putih lainnya
4.747
36
27
37
loading...