Varian – varian pertahanan Alekhine

loading...
loading...

Pada postingan mengenai 7 pertahanan catur terbaik, telah disebutkan bahwa pertahanan alekhine terdiri dari 5 varian utama. Setiap varian memiliki tema dan struktur bangunan yang berbeda-beda dan sangat menarik untuk dipelajari. Pertahanan ini tergolong pertahanan yang provokatif, dan menantang putih untuk melakukan penyerangan dan banyak pecatur yang percaya bahwa pertahanan ini memberikan terlalu banyak ruang bagi putih untuk menyerang. Adapun varian-varian pertahanan Alekhine adalah sebagai berikut:

1.    Varian moderen ( 1.e4 Kf6 2.e5 Kd5 3.d4 d6 4.Kf3 )

varian pertahanan alekhine

Varian ini ditandai dengan perkembangan kuda di petak f3 yang lebih awal. Varian ini dianggap sebagai jawaban terbaik bagi putih untuk menghadapi pertahanan Alekhine mengingat tingginya rasio kemenangannya. Putih memanfaatkan keunggulan ruang untuk terus mengembangkan perwiranya. Bahkan meskipun hitam melakukan pin dengan gajahnya di petak g4, hal itu tidak akan berpengaruh pada kesempatan putih untuk unggul.

2.    Varian tukar (1.e4 Kf6 2.e5 Kd5 3.d4 d6 4.c4 Kb6 5.exd6 )

varian pertahanan alekhine

Varian ini dianggap cukup aman, dimana putih menukar bidak pusatnya untuk kemudian melakukan  usaha pengembangan perwiranya secara logis. Ada 2 kemungkinan jawaban hitam pada langkah pertama yaitu melakukan pertukaran dengan bidak c dan bidak e. Jika menukar dengan bidak c, maka permainan akan cenderung lebih tajam jika dibandingkan dengan menukar dengan bidak e.  Disamping itu, menukar dengan bidak c berarti  hitam harus membuka ruang untuk memasang gajah fianchetto di petak g7.

3.    Varian serangan 4 bidak (1.e4 Kf6 2.e5 Kd5 3.d4 d6 4.c4 Kb6 5.f4 )


Pada varian ini, putih bertujuan untuk mendominasi petak pusat dengan bidak-bidaknya. Varian ini tergolong varian yang menyerang secara langsung. Akan tetapi, hitam memiliki peluang untuk melakukan serangan balik yang sangat besar. Teori menjelaskan bahwa ada banyak langkah-langkah logis untuk melakukan serangan balik, sehingga seorang pemain ynag telah mempersiapkan diri dengan baik tidak memiliki alasan untuk khawatir dan takut pada varian ini.

4.    Varian Skandiavia ( 1.e4 Kf6 2. Kc3 d5 )


Pernah dalam salah satu buku catur yang pernah saya baca, varian ini disebut varian skandinavia. Pada varian ini, putih memiliki 2 pilihan pada langkah ke tiga. Yang pertama adalah varian dorong bidak ke e5. Dimana langkah terbaik hitam adalah melakukan dorongan bidak ke d4. Pada akhirnya akan terjadi pertukaran kuda dan pertukaran mentri. Sedangkan pilihan kedua adalah memakan bidak dan hitam langsung meraih posisi imbang dengan mudah.

5.    Varian serangan dua bidak ( 1. e4 Kf6 2.e5 Kd5 3.c4 )


Varian ini tergolong sebagai varian minor yang jarang digunakan. Selain serangan dua kuda, ada lagi beberapa varian minor lainnya. Pada varian ini, hitam bisa dengan mudah mencapai keseimbangan dengan permainan yang logis.
loading...