Strategi Pembukaan Catur - Pertahanan Skandinavia ( center counter defense ) (1.e4 d5)

loading...
pertahanan skandinavia

Pertahanan Skandinavia atau dikenal juga dengan center counter defense adalah sebuah pertahanan yang namanya diambil sebagai bentuk penghargaan pada pecatur-pecatur asal skandinavia. Pembukaan ini sebenarnya telah ada bahkan sejak 500 tahun yang lalu dalam literatur yang ditulis oleh Lucena. Pertahanan ini termasuk pertahanan yang sangat mudah untuk dipelajari dimainkan. Apabila hitam bisa menemukan langkah yang mengejutkan, maka ia akan memiliki peluang yang cukup baik. Anand Viswanathan bahkan mampu mencapai posisi yang sempurna ketika melawan Kasparov pada kejuaraan dunia tahun 1995. meskipun akhirnya harus kalah, pertandingan itu memberikan legitimasi bahwa untuk pertama kalinya pertahanan Skandinavia dipakai dalam  pertandingan kejuaraan dunia. Pada awalnya, pertahanan ini hanya dianggap sebagai pertahanan kelas dua dan hanya ada sedikit Grand Master yang menggunakan pertahanan ini, dan yang paling terkemuka adalah Grand Master Denmark Bent Larsen dan Grand Master Australia Ian Rodgers.

Keunggulan

Dengan melangkahkan 1...d5, hitam membuka peluang untuk mengembangkan perwiranya dengan lembut. Pada awal 1900-an, Jacques Miesess sering memainkan pembukaan ini dan dianggap tidak cukup baik karena mengembangkan mentri terlalu cepat. Al Lawrence pernah memainkan pertahanan ini pada kejuaraan amatir dan lawannya saat itu tertawa kecil melihat langkah ini. Pertahanan ini mngkin tidak cocok di level tinggi, tetapi dilevel klub pertahanan ini memiliki reputasi yang baik. Sebagai pemegang buah hitam, peluang untuk menghidupkan varian yang tajam sangat besar.

Kelemahan

Seorang penganalisis catur asal Amerika Serikat Fred Reinfeld pernah mencoba untuk membuktikan kecukupan teori pertahanan ini, dan ia menemukan bahwa pertahanan ini tidak cukup mendukung bagi para pecatur level turnamen. Oleh karena itu, tidak heran jika senior saya menyebut pertahanan ini sebagai pertahanan “hepi-hepi”. Pertahanan ini tidak perlu banyak dipelajari oleh pemegang buah putih karena hanya memiliki dua kemungkinan jawaban pada langkah kedua, yaitu Mxd5 atau Kf6, sehingga putih hanya perlu bermain secara sederhana dan solid. Disamping itu, mentri yang keluar terlalu cepat juga menyebabkan ia tidak dapat berkembang di tempat yang tepat.

Berdasarkan data pada chessbase hingga tahun 2011, pertahanan ini telah dimainkan sebanyak 32.104 partai, dengan rasio kemenangan sebesar 41% bagi putih, 29% berakhir remis dan 30% untuk kemenangan hitam.
loading...