Strategi Pembukaan Catur - Pertahanan Pirc (1.e4 d6 2.d4 Kf6 3.Kc3 g6)

loading...

pertahanan pirc
Pertahanan ini berasal dari nama pecatur Yugoslavia Vasja Pirc. Pertahanan ini menggunakan konsep “hypermodern” yang menitik beratkan pada pengontrolan petak pusat dibandingkan menduduki petak pusat. Pada pertahanan ini, putih berjuang untuk menempatkan bidak di petak pusat, sedangkan  hitam berjuang untuk mengurangi itu. Apabila hitam tidak merencanakan serangan balik, maka ia akan diserang habis-habisan. Sedangkan jika putih mendorong terlalu cepat dan terlalu jauh, maka ia akan memeperoleh posisi yang sangat hancur.

Pertahanan Pirc cocok untuk pemegang buah hitam yang menyukai gajah fianchetto di sayap rajanya. Hal ini memberikan kenyamanan di sayap raja karena gajah tersebut akan menjadi “back/defender” yang baik. Secara sepintas, pertahanan ini mirip dengan pertahanan Hindia Raja. Pertahanan ini cocok  bagi pemain yang menyukai serangan balik. Adapun pecatur hebat yang menganut pertahanan ini adalah salah satu pecatur terbaik Rusia Peter Svidler dan salah satu pecatur terbaik Slovenia Alexander Beliavsky. Pertahanan Pirc masuk dalam daftar 7 pertahanan terbaik menghadapi 1.e4.

Untuk melakukan serangan balik, hitam akan melakukan tekanan pada petak-petak hitam dengan mendorong bidak ke petak c5 atau e5, sehingga menambah tekanan yang sebelumnya telah diberikan oleh gajah fianchettonya. Biasanya langkah ini dilakukan setelah gajah hitam berkembang di petak g7 dan telah rokade pendek. Akan tetapi, jika diinginkan, maka hal itu bisa dilakukan lebih cepat. Putih akan berusaha untuk mengembangkan perwiranya dan mendorongnya ke petak pusat jika hitam tidak berupaya melakukan pencegahan. Waktu yang tepat bagi putih untk melakukan penguasaan pusat ataupun bagi hitam untuk melakukan serangan balik adalah hal yang sangat genting.

Salah satu langkah yang paling berbahaya terdapat pada varian serangan Austria yang ditandai dengan langkah putih 4.f4. Putih melakukan langkah yang dipersiapkan untuk melakukan tekanan pada petak hitam dengan mendorong e5. Langkah e5 ini dilakukan setelah semua perwira yang dibutuhkan berkembang. Varian ini adalah varian favorit dari Boby Fischer dan Nick De Firmian.

Berdasarkan data pada chessbase hingga tahun 2011, pertahanan ini telah dimainkan sebanyak 37.520 partai, dengan rasio kemenangan sebesar 40% bagi putih,30 % berakhir remis dan 30% untuk kemenangan hitam.

loading...