Sunday, October 19, 2014

Pembukaan Gambit Denmark ( 1.e4 e5 2.d4 exd4 c3 )

pembukaan gambit denmark

Pembukaan gambit Denmark adalah salah stu gambit yang sangat berbahaya dan penuh tipuan. Putih akan mengorbankan beberapa bidaknya untuk mengembangkan perwiranya. Pembukaan ini memiliki kemiripan dengan pembukaan Gambit Goering.
Menurut Lutes pada bukunya yang berjudul “Danish Gambit”, pembukaan ini pertama kali dianalisis oleh seorang ahli hukum Denmark bernama Backensteiner pada tahun 1830. Pada tahun 1856, seorang pecatur Swedia bernama Dr. H.A.W Lindhen memilih untuk mengorbankan bidak b-nya dengan mengembangkan gajah kepetak c4 pada langkah keempat. Langkah 4.Gc4 ini disukai oleh Dane Martin dan digunakan pada pertandingan di Paris pada tahun 1867.

Pada tahun-tahun awal abad ke-20, pembukaan ini digunakan oeh beberapa pecatur kuat seperti Alekhine, Mieses, Marshall dan Blackburn. Akan tetapi beberapa tahun kemudian pembukaan ini kemuddian ditinggalkan dan tidak terpakai lagi karena hitam telah tahu cara bertahan dengan benar. Fakta menunjukkan bahwa tidak ada Grand Master yang menggunakan pembukaan ini pada kompetisi yang besar dan kompetisi yang serius. Beberapa mater muda rusia pada era 90-an seperti Gusev, Sergejevsky dan Radevic talah mengembangkan pembukaan ini denagn nama varian Denmark Moribound.

Pada umumnya, pembukaan ini akan berlanjut dengan 3...dxc3 4.Gc4 cxb2 5.Gxb2. hal ini merupakian tujuan putih untuk melakukan tekanan ke sayap raja dengan kedua gajahnya. 5...d5 adalah langkah yang diambil hitam untuk mengembalikan bidak putih. Varian ini disebut pertahanan Schelter. Pada pembukaan ini, hitam harus berhat- hati untuk mengembalikan bidak putih. Jika hitam tidak mengembalikah bidak tersebut pada waktu yang tidak tepat, maka hal itu akan sangat berbahaya.
danish gambit
posisi setelah 5.Gxb2
 Pada langkah kelima ini, hitam juga bisa memilih untuk mempertahankan bidaknya dan berusaha untuk bertahan yaitu dengan 5...Gb4+ dan 5...d6
Jika hitam ingin menolak gambit ini, maka pada langkah ketiga ia bisa memilih 3...Me7. langkah ini merupakan langkah favorit Spielmann dan Nezmetdinov . langkah ini merupakan langkah yang sangat menarik an tidak pernah diragukan.
pembukaan denmark
Posisi setelah 3...Me7
gambit denmark
posisi setelah 4.Mxd5
Selain itu, untuk menolak gambit ini hitam juga bisa memilih 3...d5 ya ng akan diikuti dengan 4.exd5 Mxd5 sehingga bertransposisi menjadi pembukaan gambit Goering. Langkah 4...Kf65.Gb5+ akan memberikan keuntungan yang sangat kecil bagi putih.
cara bermain gambit denmark

Previous Post
Next Post