20 Perlengkapan penting dan wajib mendaki gunung

loading...
loading...
perlengkapan wajib pendaki gunung
image source : globosystem.blogspot.com

Saat ini kegiatan mendaki gunung telah menjadi hal yang sangat populer di kalangan pemuda-pemuda Indonesia. Medaki gunung telah menjadi sebuah tren terbaru dan telah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang.
Apakah saat ini anda ingin mendaki gunung?
Jika saat ini anda berniat untuk mendaki gunung, maka penting bagi anda untuk menyiapkan perlengkapan yang  aman dan menunjang keselamatan anda ketika mendaki. Mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang tidak sesederhana film “5 cm”.
Untuk bisa mendaki gunung dengan selamat, anda tidak hanya perlu mempersiapkan fisik yang matang, tetapi anda juga harus membawa perlengkapan yang bisa membantu anda menghadapi semua tantangan-tantangan yang akan anda temui di gunung.
Berikut ini adalah beberapa barang yang harus anda bawa ketika mendaki.

1. Carrier

Carrier adalah barang yang sangat penting untuk menampung seluruh barang bawaan anda. Jangan sampai anda mendaki gunung membawa koper. Sesuaikan carrier dengan jumlah barang bawaan. Biasanya ukuran yang dibawa adalah ukuran 50 L untuk cewek dan 80 L untuk cowok. Hal ini tentu harus disesuaikan pula dengan lama waktu pendakian anda.

2. Pakaian ganti

Sesuaikan jumlah pakaian ganti anda dengan lamanya pendakian. Jangan sampai pakaian yang anda bawa terlalu banyak atau terlalu sedikit.

3. Trash bag/kantog sampah

Selain sebagai alat untuk membungkus pakaian dan barang-barang anda dari ancaman hujan, alat ini memiliki fugsi utama sesuai dengan namanya yaitu sebagai penampung semua sampah anda sebelum anda membawa semua sampah anda turun gunung.

4. Matras

Matras membantu untuk melindungi anda dari rasa dingin tanah di pegunungan dan juga membantu untuk membentuk carrier anda jika dimasukkan ke dalam carrier..

5. Obat-obatan dan P3K

Kenali penyakit anda agar anda membawa semua obat-obatan yang anda butuhkan dalam pendakian anda. Siapkan juga obat pegal dan koyo. Biasanya kedua aobat ini adalah obat yang paling populer di kalangan pendaki.

6. Kompas

kompas adalah salah satu alat yang sangat penting untuk mendukung pendakian anda.

7. Perlengkapan makan

Perlengkapan makan seperti piring, sendok dan gelas harus anda bawa karena tidak ada yang akan menjual barang-barang tersebut di gunung.

8. Perlengkapan mandi

Yang paling penting dari perlengkapan mandi ini hanyalah sikat gigi, odol, dan pencuci muka. Anda tidak akan membutuhkan handuk dan sabun karena anda akan berpikir dua kali sebelum mandi karena dinginnya air. Lagi pula, umumnya pegununungan hanya memiliki sedikit sumber air yang tidak cukup untuk mandi.

9. Sleeping bag

Sleeping bag atau kantong tidur penting untuk menjaga anda tetap hangat dantidak terserang hipotermia ketika anda sedang tidur.

10. Senter/headlamp

Jika anda memiliki jadwal untuk mendaki di malam hari, tentu saja anda harus membawa alat yang satu ini. apalagi jika anda ingin mencapai puncak Mahameru karena Summit attack hanya bisa dilakkan pada pukul 1 malam jika ingin melihat matahari terbit.

11. Rain coat/ponco/jas hujan

Cuaca di gunung tidk bisa ditebak dan diprediksi. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk membawa jas hujan agar setidaknya barang-barang yang ada di dalam tas anda tidak basah.

12. Pisau

Selain sebagai alat untuk memotong bahan makanan anda ketika di gunung, anda juga bisa menggunakan pisau sebagai alat untuk menggali parit ketika hujan ataupun menggali lubang jika ingin buang hajat.

13. Kaus kaki, sarung tangan dan kupluk

Ketiga barang ini penting untuk menjaga suhu badan anda tetap hangat ketika melakukan pendakian.

14. Kamera

Kamera penting sebagai alat untuk melakukan dokumentasi.

15. Peralatan masak

Siapkan semua peralatan masak anda dengan baik. Bawa nesting, kompor , dan tabung gas atau spritus secukupnya.

16. Gaiter

Gaiter berfungsi untuk melindungi sepatu anda dari masuknya pasir terutama jika anda mendaki gunung api.

17. Tongkat

Meskipun bukan barang wajib, anda bisa mempertimbnagkan untuk membawa barang ini.

18. Kaca mata dan masker

Kaca mata berfungsi untuk melindungi mata anda dari pasir terutama jika mendaki ke gunung api aktif.

19. Botol air

 wajib hukumnya bagi anda membawa botol air ketika mendaki. karena bisa saja dalam perjalanan anda, anda akan kehabisan air dan alternatifnya adalah dengan meminum air yang telah disediakan oleh alam. anda mungkin bisa menikmati sensasi dan lezatnya air dari Ranu Kumbolo.

20. Ransum

Inilah barang yang paling penting. Karena ransum adalah kebutuhan primer, maka saya tidak perlu menjelaskan fungsinya karena anda sudah pasti tahu.


21. Tenda

Anda wajib membawa tenda untuk mendaki. Jangan berani menginap di gunung jika tidaka membawa tenda karena hawa dingin pegunungan mampu membunuh anda.

Itulah barang-barang yang penting yang sebaiknya anda bawa ketika mendaki gunung jika masih ingin pulang dengan selamat dan mendapatkan dokumentasi  yang keren. mungkin masih ada barang lain lagi yang anda anggap penting yang bisa anda masukkan dalam daftar barang bawaan anda.