Monday, March 9, 2015

Mengapa Anda Perlu Belajar Bela Diri ?

image source :
karateamurakediribersemi.wordpress.com

Olahraga bela diri adalah salah satu jenis olah raga yang saat ini mulai diminati oleh banyak orang, tidak terlepas dari usia maupun jenis kelamin.
Komunitas-komunitas olah raga beladiri mulai bermunculan di banyak kota-kota besar maupun kota kecil di Indonesia. komunitas-komunitas olah raga tersebut bukan hanya olah raga bela diri asing, seperti Muay Thai, Capoera, atau Kick Boxing tetapi juga komunitas silat tradisional Indonesia.
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa anda perlu belajar seni bela diri:
1.    Melindungi diri dari kejahatan
Angka kriminalitas yang cukup tinggi di Indonesia menjadi alasan terkuat megapa anda perlu belajar bela diri, kecuali jika anda hanya tinggal di rumah seharian penuh. Banyaknya kasus pembegalan akhir-akhir ini tentunya sangat mengkhawatirkan bukan? Jika anda wanita, anda bisa mempelajari Jiu Jitsu untuk memberikan pelajaran bagai para pelaku pemerkosa atau anda bisa mempelajari Muay Thai yang cukup mudah dipelajari. Untuk pria, silahkan sesuaikan dengan hobi anda masing-masing.
2.    Meraih prestasi
Jangan salah, olah raga bela diri tidak bergantung pada usia. Anda bisa meraih prestasi meskipun anda baru mempelajari bela diri untuk waktu yang tidak begitu lama. Tahukah anda dengan Tim Wiese, mantan kiper Timnas Jerman dan Werder Bremen yang saat ini telah menjadi pegulat. Anda bisa juga mulai membiasakan anak anda untuk belajar bela diri mengingat Indonesia memiliki prestasi yang baik di ASEAN pada beberapa cabang bela diri seperti Karate, Kempo, Silat, dan lain-lain.
3.    Menjaga kesehatan anda
Pada saat memasuki dunia kerja ataupun telah menikah, umumnya laki-laki akan menjadi gemuk karena kekurangan olah raga. Untuk menjaga kesehatan anda dan menghindari perut buncit yang terlalu dini anda bisa memulainya dengan mempelajari satu jenis bela diri. Bayangkan saja, berapa banyak kalori yang bisa anda buang ketika berolah raga bela diri yang umumnya berdurasi dua jam dan membutuhkan konsentrasi lebih. Kesehatan adalah salah satu nikmat yang tidak boleh kita biarkan hilang begitu saja.
4.    Syarat pekerjaan
Terkadang, beberapa pekerjaan meminta anda untuk melampirkan ijasah bela diri sebagai persyaratan. Beberapa pekerjaan seperti satpam, pengawal tahanan, dan deep colector tentu saja membutuhkan kemampuan bela diri yang mumpuni bukan? Jadi, jika saat ini anda memiliki cita-cita yang membutuhkan kemampuan bela diri yang baik, maka pastikan anda memiliki sertifikat bela diri. Jangan buat sertifikat palsu jika pada akhirnya anda akan kewalahan.
5.    Bercita-cita sebagai tentara atau polisi
Kalau anda bercita-cita sebagai polisi atau tentara, meskipun tidak mutlak, ada baiknya anda memiliki kemampuan bela diri yang baik. Pekerjaan impian anda tidak sederhana dan hanya sekedar duduk diam di kantor. Terkadang anda mungkin harus berada pada posisi dimana kemampuan bela diri anda akan dibutuhkan.  Bisa saja kan tiba-tiba terjadi penyandraan di depan anda.
6.    Bela diri membantu anda mengendalikan emosi
Bela diri sangat cocok bagi orang yang merasa memiliki emosi yang meledak-ledak. Mengapa ? salah satu hal yang membuat saya tertarik dengan bela diri adalah nilai-nilai filosofis yang terkandung di dalamnya. Sebagai contoh, dalam bela diri biasanya akan diadakan latihan bertarung. Pada keadaan seperti ini, anda diwajibkan untuk mengendalikan emosi anda sehingga tidak bertarung layaknya tukang becak. Anda akan terlatih untuk berpikir sebelum bertindak, terlebih lagi anda tidak akan emosi jika lawan anda tiba-tiba menonjok anda. Semuanya akan berakhir santai tanpa adanya kemarahan. Hal ini akan membantu mengontrol emosi anda jika anda berada di luar.
7.    Membentuk mental
Bela diri membantu membentuk mental anda jika anda mempelajarinya dengan baik. Beberapa hal yang mungkin akan berubah adalah tingkat kepercayaan diri dan kedisiplinan anda. Dengan mempelajari bea diri, anda akan memiliki tingkat ketenangan yang lebih baik. Sebaiknya, untuk membentuk mental dengan baik, maka belajarlah sejak dini. Pastikan anak anda juga mempelajari bela diri sehingga ia bisa tahu bahwa ternyata bela diri bukan sekedar menghajar dan menendang bokong seseorang.
8.    Sebagai ajang bersosialisasi dan bergaya hidup positif
Dari pada anda tergabung di geng motor begal atau hanya duduk-duduk tidak jelas sambil minum-minum di jalanan, lebih baik anda bergabung dengan komunitas bela diri. Selain anda mendapatkan teman sosialisasi baru, anda juga memiliki gaya hidup yang lebih positif. Jauh lebih baik bukan dibandingkan nongkrong dengan teman-teman sambil download bokep dan main game ?
Itulah beberapa alasan mengapa anda perlu mempelajari seni bela diri. Mungkin saja anda memiliki alasan lain yang lebih baik. Jangan lupa, ajak juga teman anda  yang lainnya serta bagikan artikel ini ke teman-teman anda yang memiliki pandangan buruk terhadap bela diri.    
Previous Post
Next Post