Wednesday, July 1, 2015

7 Alasan Mengapa Kita Suka Menunda Melakukan Sesuatu

mengapa kita menunda
image source : www.wafertanggo.com

Kebiasaan menunda untuk melakukan suatu pekerjaan atau bahasa kerennya adalah prokrastinasi adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus kita hindari. Saya yakin bahwa semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan atau melakukan sesuatu paling tidak sekali dalam hidupnya.


Prokrastinasi telah merampok produktifitas kita. Ketika sedang menunda untuk melakukan suatu pekerjaan, kita sadar bahwa kita sedang melakukan hal buruk. Akan tetapi, kesadaran kita kalah melawan ketidakwarasan kita.kita tahu bahwa kita sedang melakukan prokrastinasi, akan tetapi, tetap saja kita menunda. Kita tidak pernah berusaha melawan rasa malas untuk menunda melakukan suatu pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa seseorang melakukan prokrastinasi:

1.    Berpikir bahwa masih ada hari esok untuk mengerjakan pekerjaan tersebut

Penyakit paling  berbahaya adalah ketika kita berpikir bahwa masih ada hari esok untuk melakukan ini atau itu. Masih ingat masa semester akhir perkuliahan anda? Biasanya jawaban ini akan muncul ketika kamu sedang membuat skripsi atau memasukkan judul skripsi. Saya pernah menunda selama 6 bulan untuk memasukkan judul skripsi sebelum akhirnya saya betul-betul melakukannya. Konon katanya orang-orang sukses di dunia selalu berpikir bahwa “ Pekerjaan yang bisa diselesaikan hari ini harus diselesaikan hari ini juga”.

2.    Kita merasa kekurangan skill

Merasa kekurangan skill membuat kita menunda pekerjaan. Sebagai contoh, kamu diwajibkan membuat paper untuk tugas kamu. Tetepi, untuk menyelesaikan paper itu kamu harus membaca banyak artikel panjang. Kamu kemudian merasa kekurangan skill karena kemampuan membaca kamu kurang. Akhirnya, kamu menunda untuk menyelesaikan paper itu dari pada memperbaiki kemampuan kamu untuk membaca lebih cepat dan lebih baik.

3.    Kita terlalu perfeksionis

Ketika kita bersikap terlalu perfeksionis, maka bukan hanya pekerjaan besar, pekerjaan kecilpun enggan kita lakukan. Kita akan selalu menunda sampai kita betul-betul bisa menghasilkan suatu karya yang betul-betul terbaik.

4.    Kita kekurangan motivasi

Kekurangan motivasi akan membuat kita selalu menunda. Kebanyakan procrastinator merasa bahwa ada yang salah dengan diri mereka ketika mereka melakukan sesuatu tanpa motivasi atau kekurangan motivasi.

5.    Kita kurang tertarik dengan pekerjaan tersebut

Ketika kita memang kekurangan ketertarikan untuk melakuakn sesuatu, maka kita akan cenderung menolak. Ketidaktertarikan itu bisa saja muncul karena pekerjaan yang ditawarkan terlalu membosankan atau tidak menantang sama sekali. Pada akhirnya, kita akan menunda untuk melakukan pekerjaan tersebut.

6.    Kita terbelenggu oleh rasa takut pada kegagalan

Rasa takut pada kegagalan, takut melakukan kesalahan, takut karena pekerjaan yang dibebankan terlalu berat membuat kita cenderung untuk menunda melakukan sesuatu sampai kita benar-benar siap. Tetapi, sampai kapan? Terkadang, kita harus benar-benar siap untuk melakukan suatu pekerjaan meskipun kita memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk melakukan kesalahan. Lagi pula, “kesalahan pertama itu sama dengan cinta pertama. Tidak akan  pernah terlupakan”.

7.    Kita memang terlalu malas


Selain alasan-alasan di atas, alasan lainnya mengapa kita menunda adalah karena diri kita yang memang terlalu malas untuk melakukan sesuatu. Kita terlalu malas untuk bangun dari tempat tidur untuk mencuci, atau kita terlalu malas menyalakan laptop untuk mengerjakan skripsi. Malas memang merupakan penyakit yang sangat membunuh.

Itulah beberapa alasan mengapa kita cenderung menunda-nunda untuk melakukan suatu pekerjaan. oleh karena itu, jika salah satu alasan di atas merupakan alasan favorit mengapa kita melakukan sesuatu, maka kita bisa mulai mencegah hal itu  saat ini juga.
Previous Post
Next Post