loading...

7 Cara terbaik menangani insomnia bagi mahasiswa

loading...
loading...
cara mengatasi insomnia
source : orinsis.com

Insomnia adalah salah satu gangguan tidur yang cukup membuat penderitanya tidak nyaman. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha untuk mengatasinya. Akan tetapi, terkadang hal itu tidak bisa dilakukan begitu saja.
 Apalagi jika anda adalah mahasiswa yang tinggal di lingkungan dimana kehidupan biasanya banyak aktif di malam hari. Kalaupun anda bukan orang yang aktif di malam hari, mungkin ada tetangga anda aktif di malam hari sehingga menimbulkan kegaduhan dan berujung pada insomnia yang anda alami. Jadi, jika saat ini anda sedang berselancar di dunia maya dan mencari cara mengatasi insomnia, silahkan lanjutkan.

Mengapa saya memilih kata “menangani” dibanding kata “mengatasi”?
Baru-baru ini ada sebuah iklan yang cukup populer sehingga sering dijadikan status facebook, yang menyatakan bahwa “air dan minyak tidak bisa bersatu, tetapi bisa berdampingan”. Itulah mengapa saya memilih kata “menangani” dibandingkan kata “mengatasi”. Kata “mengatasi”pada dasarnya adalah jika kita ingin menghilangkan insomnia dan segera tidur. Sedangkan kata “menangani” adalah identik dengan memanfaatkan situasi insomnia untuk keuntungan dan perkembangan kita sendiri.
Jadi, beberapa cara yang positif jika kita ingin memanfaatkan kondisi insomnia untuk kepentingan kita adalah sebagai berikut:

1. Belajar
Insomnia selalu dialami orang-orang yang berstatus mahasiswa. Oleh karena itu, jika mengalami insomnia, manfaatkan waktu-waktu itu untuk kembali mengulangi pelajaran yang baru didapat atau yang akan dipelajari besok. Jangan biarkan waktu itu terbuang sia-sia hanya dengan berusaha untuk tidur.

2. Mengerjakan tugas
Jika saat ini anda sedang terkena insomnia, luangkan waktu untuk membuat tugas-tugas kuliah yang mungkin akan dikumpulkan beberapa hari atau mungkin beberapa minggu ke depan. Jangan habiskan dengan bermain domino, atau diperbodohi oleh game online. Hal itu hanya membuat anda ketagihan untuk insomnia lagi.

3. Belajar hal baru
Mempelajari hal-hal yang baru adalah hal yang cukup menyenangkan, apalagi jika hal baru itu adalah hal positif. Anda mungkin bisa mempelajari bahasa baru jika saat ini anda telah memiliki nilai TOEFL di atas 600, atau mempelajari cara memainkan alat musik baru, atau mempelajari kesenian baru, atau anda juga bisa mempelajari olahraga baru yang bisa dilakukan bahkan pada pagi dini hari seperti bermain catur. Jika anda tertarik, silahkan baca artikel cara bermain catur di sini. 

4. Menulis
Sebagai blogger, hal paling menyenangkan dilakukan ketika insomnia adalah dengan menulis. Setidaknya bisa menghasilkan sepuluh artikel saja per malam, maka hal itu akan meningkatkan kemampuan kita untuk menulis, terutama bagi yang ingin menjadi penulis profesional. 

5. Susun agenda
Jika saat ini anda sedang menjabat seebagai ketua suatu organisasi, atau ketua panitia suatu kegiatan, jangan biarkan insomnia membuat anda stres dan tertekan. Jadikan itu sebagai saat yang tepat untuk menyusun agenda kegiatan anda. Atau anda juga bisa menggunakan waktu-waktu tersebut untuk menyusun rencana liburan anda beberapa pekan ke depan.

6. Beribadah
Beribadah akan membuat kita lebih tenang bahkan dalam keadaan apapun. Jadi, jika lain kali anda terserang insomnia,berwudhulah. Kemudian anda bisa melanjutkan dengan sholat sunnah, membaca Al-Qur’an atau berzikir. Jangan lupa berdoa untuk kesehatan anda agar selalu dijaga oleh-Nya.

7. Berbisnis
Saat ini, banyak bisnis yang menawarkan kesempatan untuk bekerja hanya dengan berbaring di atas ranjang. Jangan berpikiran kotor dulu ya! Bisnis yang dimaksud disini adalah bisnis On Line. Jika anda tertarik, anda bisa mencari caranya di google. 

loading...