Friday, December 5, 2014

Ingin berhenti merokok? Inilah 8 alasan kuat untuk Anda

source : www.merdeka.com

Ketika anda memutuskan untuk meng-klik judul ini itu artinya  bahwa jauh di dalam lubuk hati anda yang paling dalam anda menginginkan untuk menghentikan kebiasaan yang anda anggap buruk selama ini, yaitu MEROKOK.

Jadi, bagi anda yang merasa tidak ingin menghentikan kebiasaan merokok atau belum ingin berhenti merokok, silahkan baca artikel lainnya.

Pada saat ini, merokok merupakan hal yang telah menjadi gaya hidup bagi beberapa orang. Beragam alasan bagi banyak orang yang memutuskan untuk merokok. Mulai dari sekedar penghilang stres, mencegah rasa dingin ketika di gunung, ingin terlihat jantan, atau hanya iseng-iseng mencoba.

Tetapi, berhubung artikel ini membahas alasan untuk berhenti merokok, maka saya akan memberikan beberapa alasan kuat untuk anda.

1. Merokok Membunuhmu
Yah, inilah kalimat yang paling populer saat ini yang bisa kita temukan di mana saja  di  semua iklan rokok di sekeliling kita. Seperti kita ketahui bahwa rokok sedikitnya mengadung 4000 zat kimia berbahaya bagi kesehatan. Rokok bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa mengancam nyawa manusia penikmatnya.

Mungkin ada kalimat-kalimat klasik perokok yang kira-kira bunyinya demikian “merokok mati,tidak merokok mati juga. Jadi lebih baik merokok”.

Kata-kata itu biasa dijadikan pembelaan untuk merokok. Tapi saya juga ingin mengingatkan pepatah klasik yang kita  pelajari sejak jaman SD dulu yaitu,
“mencegah lebih baik dari pada mengobati”

2. Rokok mengancam orang sekeliling anda

Perokok pasti tahu bahwa perokok pasif memiliki resiko yang lebih bebahaya dibadingkan perokok aktif. Asap yang ditimbulkan oleh rokok yang dihisap oleh perokok aktif memiliki resiko dan bahaya yang lebih besar pada perokok pasif sehingga hal ini akan mengancam anak anda, istri anda, ibu anda, ayah anda, saudara anda atau pacar anda.   

Di samping itu, sesungguhnya ketika sedang merokok, perokok aktif juga berperan sebagai perokok pasif. Sadar gak?

3. Harga rokok mahal

Seiring dengan kenaikan harga bahan bakar minyak akhir-akhir ini, maka sebaiknya anda menghentikan kebiasaan merokok anda karena bisa saja kan tiba-tiba harga rokok melambung naik mengikuti harga-harga kebutuhan pokok lainnya.

Saat ini harga rokok dipasaran berkisar antara 10 ribu hingga 20 ribu per bungkusnya. Lebih mahal dari harga bahan bakar minyak kan?

4. Biaya merokok bisa ditabung untuk hal lain

Coba bayangkan jika satu hari anda menghabiskan sebungkus rokok dengan harga Rp. 10.000,-. Itu artinya dalam waktu satu bulan anda akan menghabiskan Rp. 300.000,- dan sebesar Rp. 3.600.000,- dalam waktu satu tahun.

Itu bukan jumlah yang sangat sedikit lho. Dengan uang sebesar itu anda bisa gunakan untuk membeli gadget baru atau bisa anda gunakan untuk jalan-jalan keliling asia tenggara selama beberapa hari.

Saya pernah mendengar pengakuan dari beberapa orang yang menghabiskan Rp. 2.000.000,- per bulan hanya untuk rokok. Itu artinya dalam setahun dia bisa membeli sebuah motor keren dengan duit biaya rokoknya.

5. Merokok menyebabkan kanker
Mungkin banyak penyakit yang bisa ditimbulkan oleh rokok tapi menurut saya inilah yang paling berbahaya. Kanker atau kantong kering bisa membuat anda terpaksa berhutang untuk sekedar merokok. Suatu hal yang kedengarannya saja tidak menyenangkan bukan?

6. Anda sedang kuliah
Anda sedang kuliah? Jika iya, sebaiknya anda menghentikan kebiasaan merokok anda. Sebagai mantan mahasiswa, saya mengerti betapa duit kiriman orang tua terkadang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup. Jadi, jika masih mahasiswa hentikan kebiasaan ini sebelum terlambat.

7. Merokok tuh gak ada nikmatnya
Saya pernah beberapa kali mencoba untuk merokok. Hal ini saya lakukan karena penasaran dengan kalimat orang-orang dan teman-teman yang konon katanya merokok memberikan kenikmatan yang sangat besar. Setelah beberapa kali mencoba, saya akhirnya memutuskan untuk tidak meneruskan karena saya tidak merasakan klimaks dari rokok seperti yang dirasakan teman-teman saya tersebut.

8. Merokok Merusak Kejantanan

katanya sih jika kita merokok kita akan terlihat lebih jantan. padahal faktanya adalah rokok merusak kejantanan karena bisa menyebabkan impotensi. jadi, jika saat ini anda ingin terlihat jantan dengan merokok, maka sebaiknya berhenti karena rokok hanya akan merusak kejantanan anda.
Itulah beberapa alasan yang bisa saya berikan. Sayangi diri anda, keluarga anda, pacar anda, teman-teman anda dan terutama dompet anda. Jika ingin berhenti merokok, tunggu apa lagi lakukan sekarang!
Previous Post
Next Post